Muara Enim | pa-muaraenim.net (26/5/2011)

Kamis, (26/5/2011) KPA Muara Enim, Dra. Hj. Nurlaila Thoib, SH., MHI. mengadakan rapat koordinasi dengan para petugas, penanggung jawab dan pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID).  Hal ini dilakukan agar para petugas lebih profesional dalam menangani dan menyelesaikan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut KPA Muara Enim mengatakan akan pentingnya pengelolaan pelayanan tersebut di Pengadilan Agama Muara Enim, hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Berdasarkan SK tersebut, pimpinan pengadilan secara otomatis menjadi Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (Atasan PPID). Dia membawahi PPID, Petugas Informasi dan Penganggung Jawab Informasi.

Menurut beliau sebenarnya sebagai Ketua yang merupakan Atasan PPID memiliki tugas, tanggung jawab dan kewenangan yang tidak ringan. Dia tidak hanya bertugas membangun dan mengembangkan sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi di satuan kerjanya. Dia juga mengangkat PPID, menganggarkan pembiayaan layanan informasi serta menyediakan sarana dan prasarana layanan informasi, termasuk papan pengumuman dan meja informasi serta situs resmi kita (www.pa-muaraenim.net).

Hal ini juga sebagai KPA Muara Enim dan sebagai Atasan PPID juga mewakili satuan kerjanya dalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi dan pengadilan atau mewakilkan kepada kuasanya. Dan, jika dibutuhkan, Atasan PPID juga menetapkan standar operasional layanan informasi di satuan kerjanya.

 

Para Petugas Pengelola Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) sedang mendengar arahan dan petunjuk dari KPA dan Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Muara Enim

Lebih lanjut dijelaskan oleh KPA bahwa dengan keberhasilan yang telah dicapai oleh Pengadilan Agama Muara Enim berdasarkan penilaian terakhir hasil survey NLRP yang dimuat dalam buku “Sebuah Penilaian Atas Website Pengadilan Tahun 2010 yang menempatkan website PA Muara Enim sebagai peringkat kedua dari website PA sewilayah PTA Palembang dengan skor penilaian yaitu 21. Penilaian website Pengadilan Agama Muara Enim ini mengalami peningkatan yang mana sebelumnya skor 10.  

Kemudian keberhasilan PA Muara Enim melakukan terobosan Teknologi Informasi (TI) yaitu Queue System/antrian sidang merupakan sebagai salah satu point dari “Quick Wins” Reformasi Birokrasi MA dan pengadilan di bawahnya, menurut pak Dirjen Badilag MARI telah dilaksanakan dengan baik oleh PA Muara Enim, keberhasilan ini merupakan keberhasilan semua aparat PA Muara Enim dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pencari keadilan.

Menurut Koordinator Tim Pengawasan dan Evaluasi PPID, Drs. Nusirwan, SH., MH. bahwa para petugas dan pengelola agar dapat mengoptimalkan kinerja sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik dan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Untuk itu mari kita bersama-sama membangun dan memberikan yang terbaik serta melaksanakan sebagian dari program besar Mahkamah Agung RI dalam melaksanakan reformasinya.  Mudah-mudahan ini dapat terwujud.  Amin. (Darman/Nusirwan)

 

Muara enim, Pa muara enim

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 3 1 0 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
54
53
23104
0
1789
2787
23104
IP Anda : 54.198.170.159
2018-07-22 14:31