Muara Enim | pa-muaraenim.net

Selasa (8/12) beberapa hari yang lalu KPA Muara Enim Dra. Hj. Nurlaila Thoib, SH., MHI. menghimbau kepada seluruh pegawai yang terdiri pimpinan, hakim, pp, jurusita, petugas pelayanan dan satpam maupun bagian kesekretariatan untuk bersama belajar dan memahami SIADPA Plus, hal ini sesuai himbauan Ketua Muda Mahkamah Agung Urusan Lingkungan Peradilan Agama (Tuada Uldilag) Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH. tanggal 19 September 2011 kepada Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah untuk berperan aktif dalam mengoptimalkan dan memonitoring pemanfaatan SIADPA Plus yang mencakup SIADPA Plus, SIADPA KIPA (keuangan perkara), SIADPA LIPA (laporan perkara), SIADPA REGISTER (register perkara), SIADPA AKTA CERAI, SIADPA JADWAL SIDANG, dan NIR (National Information Repository).

Adapun mengenai jadwal diklat di tempat kerja (DDTK) SIADPA Plus tersebut dilaksanakan setiap hari dengan tidak menggangu jam kerja kecuali hari jum’at, pukul 08.00 – 09.00 WIB.  Harapan peserta setelah belajar SIADPA Plus akan memudahkan kita untuk memberikan pelayanan prima ke masyarakat pencari keadilan, salah satu contoh mengatur jadwal sidang, tundaan sidang, berita acara persidangan dan pembuatan akta cerai serta laporan keuangan perkara lainnya.

 

Beberapa peserta yang langsung praktek menggunakan SIADPA: Plus, Jadwal Sidang, dan aplikasi lainnya

Kemudian penggunaan SIADPA Plus ini disesuaikan dengan kebutuhan seorang salah satunya panitera pengganti, dimulai setelah  penerimaan perkara dengan membuat Penetapan Hari Sidang (PHS), instrumen pemanggilan para pihak yang berperkara, pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Sidang, sampai pelaporan perkara, baik dalam hal penundaan maupun perkara yang putus.

Diterangkan pula bahwa SIADPA Plus harus dilakukan secara berkesinambungan oleh semua unit terkait dengan perkara dari mulai meja penerimaan perkara, kasir, juru sita, penitera pengganti, hakim, sampai bagian akta cerai.

 

Peserta Diklat di Tempat Kerja (DDTK) foto bersama dengan Insturktur SIADPA Plus di ruang pelayanan Meja Informasi PA Muara Enim

Peserta Diklat di Tempat Kerja (DDTK) PA Muara Enim sangat bersemangat  dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat melalui banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta DDTK kepada instruktur Sudarman, MH. Dengan pemakaian SIADPA Plus yang tertib dan berkesinambungan, maka semua data mudah untuk diakses oleh semua orang terutama melalui website. Asas transparansi dan akuntabilitas dapat diwujudkan sehingga reformasi birokrasi menuju Peradilan Agama yang Agung insya Allah dapat segera terwujud. (Darman/Nusirwan/Muchlis)

 

Muara enim, Pa muara enim

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 3 1 0 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
54
53
23104
0
1789
2787
23104
IP Anda : 54.198.170.159
2018-07-22 14:27