Muara Enim | pa-muaraenim.net

Selasa (15/11) Pengadilan Agama Muara Enim sudah beberapa kali kedatangan tamu baik itu dari Badilag maupun PA dalam wilayah PTA Palembang. Dalam kesempatan kali ini Hakim Tinggi PTA Palembang, Drs. H. Pahlawan Harahap, SH.,MA. dan Drs. H. Mahmud, SH.,MH. melakukan pengawasan dan pembinaan dalam rangka melaksanakan tugas dari Ketua PTA Palembang di Pengadilan Agama Muara Enim, ada beberapa yang menjadi tujuan pembinaan tersebut; 1. manajemen peradilan, 2. administrasi perkara, 3. administrasi umum dan 4. pelayanan publik.

Pengawasan dan pembinaan Hatiwasda PTA Palembang ini melihat langsung dan mengkroscek secara detail soft copy maupun hardcopy terhadap 4 pokok acuan PA Muara Enim dalam mengelola dan menata serta mengatur kondisi pelayanan publik dan meja informasi yang disungguhkan secara terbuka dan transparan.

 

Wakil Ketua, Hakim,  pejabat Fungsional dan Struktural PA Muara Enim menyimak dan mendengar arahan Hatiwasda PTA Palembang

Tim Hatiwasda PTA Palembang ini diketuai oleh Drs. H. Pahlawan Harahap, SH.,MA. dengan anggota Drs. H. Mahmud, SH., MH. Dalam kesempatan itu KPA Muara Enim menyampaikan secara detail mengenai penilaian dan temuan serta kendala-kendala yang muncul ketika Hatiwasda PTA Palembang wawancara dari berbagai pihak baik pimpinan, pejabat sturktural maupun fungsional. Kemudian Ketua Tim menjelaskan secara global tentang pelaksanaan manajemen peradilan, administrasi perkara dan umum serta pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh PA Muara Enim. Selanjutnya Ketua Tim juga mengatakan berdasarkan pengalamannya sebagai Hatiwasda di wilayah PTA Palembang memang PA Muara Enim dinilai terbaik dari PA lainnya karena didukung gedung dan lingkungan yang refresentatif. Untuk itu Tim Hatiwasda PTA Palembang meminta kepada mulai Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera/Sekretaris serta pejabat, pegawai dan staf untuk mempertahankan keberhasilan, serta membangun citra diri dan lingkungan untuk terus saling bahu membahu membangun peradilan yang agung dan dapat melaksanakan salah satu agenda reformasi biokrasi Mahkamah Agung RI.

Dalam kesempatan itu pula Tim Hatiwasda PTA Palembang menyampaikan arahan yang pada intinya bahwa pengawasan dan pembinaan ini dilakukan bukan untuk mencari kesalahan-kesalahan tetapi untuk mengetahui mana yang belum dilaksanakan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku dan mana yang sudah dilaksanakan dengan baik serta yang sudah dilaksanakan tetapi belum sesuai ketentuan yang berlaku, disinilah akan dilakukan pembinaan agar kedepan Pengadilan Agama Muara Enim akan lebih baik sesuai yang diharapkan.

 

Pimpinan dan Hakim serta Tim Hatiwasda PTA Palembang sesaat setelah penyampaian hasil pengawasan dan pembinaan di ruang sidang utama PA Muara Enim

Selanjutnya KPA Muara Enim menyampaikan terimakasih dan semoga pembinaan kali akan menjadi acuan bagi kami untuk terus membangun dan memperbaiki institusi Pengadilan Agama Muara Enim. Menurut beliau bahwa pengawasan dan pembinaan ini merupakan salah satu perbaikan sistem pengelolaan suatu organisasi dan organisasi tidak bisa lepas dari penerapan prinsip manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, motifasi yang baik guna menggerakkan organisasi dan terakhir adalah kontrol atau pengawasan berupa pembinaan apakah organisasi sudah berjalan dengan baik atau belum. Disinilah fungsi pembinaan yang sekaligus di dalamnya ada fungsi pembinaan, oleh karena itu patut kami sambut dengan baik dan ikhlas karena kami menyadari banyak kekurangan disana sini yang kami laksanakan. (Darman/Nusirwan)

 

Muara enim, Pa muara enim

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 3 1 0 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
54
53
23104
0
1789
2787
23104
IP Anda : 54.198.170.159
2018-07-22 14:30