Selasa siang (04/08/2015) kembali digelar sebuah acara di ruang sidang utama Pengadilan Agama (PA) Muara Enim, Acara pada siang hari yang cerah itu dihadiri oleh seluruh komponen keluarga besar PA Muara Enim, mulai dari unsur pimpinan, unsur hakim, pansek, pejabat struktural dan fungsional, para staff, tenaga honorer, maupun ibu-ibu anggota Darmmayukti Karini PA Muara Enim. Acara tersebut bisa dibilang acara yang tidak biasa karena menggabungkan beberapa acara dalam satu waktu, mulai dari perkenalan pegawai baru, pelepasan purna tugas panitera pengganti dan juga halal bihalal. “acara ini sengaja dipadatkan supaya lebih banyak mendapat barakahnya”, demikian ujar Pansek PA Muara Enim Edy Syafiq, S.H.

Perasaan campur aduk antara senang dan sedih, suka dan duka yang dirasakan oleh seluruh Keluarga Besar PA Muara Enim, senang dengan kedatangan seorang pegawai baru namun juga sedih karena harus berpisah dengan seseorang yang selama ini telah lekat di hati seluruh pegawai PA Muara Enim.

Pegawai baru yang akan bertugas di PA Muara Enim bernama Ari Puspita Yuda, ST., ibu dari satu orang anak tersebut memperkenalkan dirinya dengan kalimat pembuka “panggil saja saya Ari”. Yah, ternyata ibu Ari tersebut asli kelahiran Bantul, sebuah kota kecil di bagian selatan Kota Yogyakarta. “Saya ikut pendaftaran CPNS pada tahun 2014 dan mendapatkan SK di PA Muara Enim, saya tinggal di Kota Lahat bersama dengan suami dan anak saya, 45 km dari sini, namun pada kesempatan ini suami saya belum bisa mendampingi oleh sebab tidak bisa meninggalkan pekerjaannya", tutup sarjana teknis tersebut.

 

Di dalam rangkaian acara tersebut, ada pula acara pelepasan purna tugas panitera pengganti PA Muara Enim karena telah memasuki masa pensiun di usia ke 60 tahun. Pegawai tersebut juga merupakan salah satu pegawai teladan yang dimiliki oleh PA Muara Enim, di kalangan keluarga besar PA Muara Enim, pegawai tersebut akrab disapa “Yuk Dard”, atau “Bu Dar”, yang nama lengkapnya adalah Darniati Ahmad, BA.

Bu Dar, telah mengabdikan dirinya sebagai aparatur negara selama 31 tahun, dan sebagain besar masa pengabdiannya tersebut dihabiskan di Pengadilan Agama Muara Enim, namun di sela-sela pengabdiannya tersebut Bu Dar sempat di promosikan menjadi Panitera Muda di Pengadilan Agama Lubuk Linggau kelas 1.B selama 1,5 tahun, hingga kembali lagi ke PA Muara Enim. Di dalam sambutannya, bu Dar mengkisahkan bahwa beliau pertama kali mengabdi sebagai CPNS sejak bulan Agustus 1984, sekarang sudah bulan Agustus 2015, "jadi saya sudah bertugas selama 31 tahun pas", kisah istri pensiunan tentara itu.

Di mata seluruh keluarga besar PA Muara Enim, Bu Dar dikenal sebagai sosok pegawai teladan, seorang ibu yang baik, dan sebagai seorang teman yang selalu memberikan motifasi untuk bekerja dengan baik. Hal tersebut tidak berlebihan rasanya, mengingat di dalam sambutannya, Ketua PA Muara Enim Drs. H. Muchlis, SH, MH, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pengabdian Bu Dar selama bertugas di PA Muara Enim, Pak Ketua juga menambahkan bahwa selama menjadi pimpinan, beliau tidak pernah mendengar keluhan datang dari Bu Dar, “Saya sungguh bangga dengan Bu Dar”, pungkas Pak Ketua.

Wakil Panitera PA Muara Enim, Ahmad Marzuki, S.Ag. yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan kesan-kesan, menceritakan bahwa Bu Dar adalah sosok pegawai yang patut untuk dijadikan tauladan, "saya banyak belajar dengan beliau, bahkan saya belajar membuat BAP juga dari beliau", kenang Pak Wapan.

Di dalam Taushiyah yang disampaikan oleh ust. Bakhtiar, SHI, MHI. yang juga menjabat sebagai Hakim PA Muara Enim sekaligus sebagai Ketua Majelis, kembali memberikan apresiasi atas kinerja Bu Dar yang meskipun tumpukan berkas telah menggunung di meja kerjanya, namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik tepat pada waktunya. Lebih khusus lagi, Pak Bakhiar menyatakan bahwa selama Bu Dar menjadi Panitera Pengganti, tidak pernah saya temukan satu berkas pun yang telat berita acaranya, sampai disaat detik-detik memasuki masa pensiun-pun, semua tugas-tugas telah diselesaiakan dan telah diserahkan kepada Panitera Pengadilan Agama Muara Enim selaku atasan yang bersangkutan.

Terima kasih Bu Dar atas semua pengabdianmu selama ini, keuletan dan ketekunanmu dalam bekerja akan kami jadikan sebagai teladan dan inspirasi bagi kami, dan mudah-mudahan semua pengabdian Ibu dinilai sebagai amal ibadah oleh Allah SWT, Aamiin ya rabbal alamin…

//akhyar

 

Dharmmayukti karini, Kabupaten muara enim, Ketua pa, Pa muara enim, Pengadilan agama

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 3 0 9 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
40
53
23090
0
1775
2787
23090
IP Anda : 54.224.83.221
2018-07-22 10:59