Bedegung | pa-muaraenim.go.id

Outbound adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan melakukan beberapa simulasi permainan baik secara individu maupun perkelompok. Outbound juga merupakan bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

Mengetahui begitu bermanfaat dan berharganya kegiatan outbound sebagai mana diuraikan di atas, Pimpinan Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN) Muara Enim menggagas sebuah kegiatan bersama (gabungan) satu atap antara PA dan PN Muara Enim. Dan akhirnya disepakatilah kegiatan bersama itu dalam sebuah rangkaian yang bertajuk Family Gatering plus Outbound bersama PA dan PN Muara Enim.

Family Gatering dan Outbound bersama tersebut akhirnya terselanggara dengan baik pada hari Sabtu yang lalu, tanggal 3 September 2016 yang bertempat di lingkungan Obyek Wisata Air Terjun Bedegung. Kegiatan yang terkoordinasi dengan sangat baik dan harmonis itu dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB dengan agenda pertama adalah pengecekan kesehatan dan tensi darah, persiapan peralatan, keberangkatan, persiapan di lokasi, pengarahan, pelaksanaan outbound, makan bersama sekaligus family gathering dan ditutup dengan doa.

Pemilihan lokasi outbound di Air Terjun Bedegung Bukan tanpa alasan, karena Obyek Wisata Air Terjun Bedegung ini merupakan ikon wisata alam terbaik di Kabupaten Muara Enim yang juga merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi yang mencapai 99m. Perjalanan menuju Air Terjun Bedegung sendiri ditempuh dengan jarak 56km dari pusat kota Muara Enim dengan waktu tempuh 1,5jam perjalanan. Air Terjun yang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim tersebut sangat ideal untuk melakukan kediatan outbound, bahkan juga sering digunakan untuk area kegiatan arung jeram.

Outbound dan Family Gathering PA dan PN Muara Enim tersebut dipandu langsung oleh tim JASMIL dari RINDAM II SRIWIJAYA, yang dikomandoi oleh Mayor Mualim sebagai Kepala Departemen Jas RINDAM II. Peserta kegiatan sendiri terdiri dari seluruh pegawai PA dan PN Muara Enim dan didampingi oleh para anggota keluarga masing-masing. Adapun pos-pos yang harus dilewati oleh para peserta diantaranya adalah menyeberangi sungai dengan tali, memanjat jembatan dengan jaring darat, tali peluncur flying fox, melalui jembatan tali tunggal dan mandi di bawah air terjun bedegung.

Acara yang selesai tepat pada pukul 16.00 sore tersebut ditutup dengan rangkaian kegiatan Family Gathering yang meliputi, bernyanyi bersama, berjoget bersama, permainan bola keranjang, pembagian hadiah, pembagian doorprize, dan tentunya pengarahan dari Pimpinan PA dan PN Muara Enim yakni Ketua PN Muara Enim Abu Hanifah, S.H., M.H. dan Wakil Ketua PA Muara Enim Dr. Ummi Azma, S.H., M.Hum.

 

Kabupaten muara enim, Pa muara enim, Sumatera selatan

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 3 0 9 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
40
53
23090
0
1775
2787
23090
IP Anda : 54.224.83.221
2018-07-22 11:14